Pelaksanaan posyandu pertama di Tahun 2021 setelah status PPKM turun

Pati, 16 Agustus 2021. Posyandu Desa Bulumulyo Kecamatan Batangan Kabupaten Pati melaksanakan penimbangan serentak balita dan pemberian pil vitamin A di Balai Desa Bulumulyo pada hari Senin ini (16-08-2021). Kegiatan ini merupakan kegiatan reguler yang dilaksanakan pada bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya. Kegiatan ini difasilitasi oleh kader posyandu, perangkat desa dan dari puskesmas Batangan Kabupaten Pati. Kegiatan ini merupakan yang pertama dilakukan di tahun 2021 setelah status PPKM diturunkan ke level 3.

Sasaran program pemberian vitamin A dan pengukuran serentak ini adalah balita dari usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Mengkonsumsi vitamin A bagi balita sangat banyak manfaatnya. “Vitamin A bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare” demikian penjelasan Ibu Jarmiati Azzahra, kader posyandu Desa Bulumulyo. Vitamin A juga membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap. Mencegah kelainan pada sel –sel epitel termasuk selaput lender mata. “layanan imunisasi juga tersedia hari ini” tambahnya.

Pada pelaksanaan posyandu kali ini juga dilaksanakan sebagaimana biasanya dengan layanan 5 meja yaitu pendaftaran, penimbangan, pencatatan, konseling gizi dan pemberian PMT/imunisasi. Pada bulan Agustus ini juga dilakukan penimbangan serentak. Penimbangan serentak adalah bulan dimana dilakukan pengukuran Antropometri yaitu penimbangan Berat Badan, pengukuran panjang Badan/ Tinggi Badan dan lingkar lengan atas terhadap seluruh Balita. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran data setatus gizi seluruh balita  secara berkala serta memperoleh data balita gizi buruk berdasarkan nama dan alamat (by name by adress), kelompok umur,  jenis kelamin dan status ekonomi.

Ada 5 posyandu yang ada di Desa Bulumulyo ini yaitu Posyandu Mawar Putih, Anggrek, Nusa Indah, Mawar Merah dan Melati. Semua posyandu berjalan dengan baik di desa ini karena dukungan dari adanya program pencegahan stunting dari dana desa tahun 2021.

Pelaksanaan posyandu hari ini tetap memberlakukan protokol kesehatan pencegahan covid dengan mengatur peserta yang datang, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker dan menjaga jarak.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan